DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN WORD SQUARE PADA KELAS V SD NEGERI MELAYU MARTAPURA | |
PENGARANG | : | ASYANTI LIZKA NAOMI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-02 |
Asyanti Lizka Naomi. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan
Pelajaran IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Group Investigation (GI)
dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT) dan Word
Square. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Siklus Air, Group Investigation (GI), Numbered Heads
Together (NHT) dan Word Square
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa
pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan di kelas
V SDN Melayu Martapura. Masalah ini disebabkan materi kurang bermakna, siswa
kurang mengembangkan rasa ingin tahu, kurang interaksi antarsiswa dan siswa tidak
banyak berpartisipasi dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan Model Group
Investigation (GI) dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT)
dan Word Square untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada
tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan mata pelajaran
IPA materi Siklus Air menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) dan
Word Square di kelas V SDN Melayu Martapura.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian
dilaksanakan di kelas V SDN Melayu Martapura pada semester genap tahun ajaran
2018/2019 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil
observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik
pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil
jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat
Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal
≥81% siswa mendapat nilai ≥70.
Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang
semula mencapai kriteria “Cukup Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat
Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 45% dengan
kategori “Cukup Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 85% dengan kategori “Sangat
Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan
klasikal 25% kemudian meningkat menjadi 95% pada pertemuan 4.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana
dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan
mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan Model Group
Investigation (GI) dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT)
dan Word Square pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan
Lingkungan mata pelajaran IPA materi Siklus Air. Hasil penelitian ini dapat
disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk
tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan mata pelajaran
IPA materi Siklus Air di kelas V.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI