DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN WORD SQUARE PADA KELAS V SD NEGERI MELAYU MARTAPURA
PENGARANG:ASYANTI LIZKA NAOMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


Asyanti Lizka Naomi. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan 

Pelajaran IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Group Investigation (GI)  

dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT) dan Word 

Square. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas 

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Siklus Air, Group Investigation (GI), Numbered Heads 

Together (NHT) dan Word Square

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa 

pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan di kelas 

V SDN Melayu Martapura. Masalah ini disebabkan materi kurang bermakna, siswa 

kurang mengembangkan rasa ingin tahu, kurang interaksi antarsiswa dan siswa tidak 

banyak berpartisipasi dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan Model Group 

Investigation (GI) dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT) 

dan Word Square untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk 

mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada 

tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan mata pelajaran 

IPA materi Siklus Air menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) dan

Word Square di kelas V SDN Melayu Martapura.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan 

kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian 

dilaksanakan di kelas V SDN Melayu Martapura pada semester genap tahun ajaran 

2018/2019 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan 

adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil 

observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik 

pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil 

jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat 

Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥70 atau secara klasikal 

≥81% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang 

semula mencapai kriteria “Cukup Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat 

Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 45% dengan 

kategori “Cukup Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 85% dengan kategori “Sangat 

Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan 

klasikal 25% kemudian meningkat menjadi 95% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana 

dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan 

mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan Model Group 

Investigation (GI) dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT) 

dan Word Square pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan 

Lingkungan mata pelajaran IPA materi Siklus Air. Hasil penelitian ini dapat 

disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk 

tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan mata pelajaran 

IPA materi Siklus Air di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI