DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DIKOMBINASIKAN DENGAN GROUP INVESTIGATION DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN KERATON 4 MARTAPURA
PENGARANG:RAHMALIA KUSUMASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

 

Kusumstuti, Rahmalia. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan  Aktivitas Siswa Tema Daerah Tempat TinggalkuMenggunakan Model Pembelajaran  Picture and Picture Dikombinasikan dengan Group Investigation Dan inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN  Keraton 4. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. M. Saleh, M.Pd

Kata Kunci : Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran  Picture and Picture, Group Investigation, Inkuiri dan Aktivitas Beajar Siswa.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Keraton 4. Daerah Tempat Tinggalku.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Picture and Picture Dikombinasikan dengan Group Investigation, Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan II siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap Keraton 4 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 24 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru mencapai skor 34-41 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal yang diharapkan 80% dengan kriteria “Sangat Aktif”, Serta ketuntasan belajar secara individu apabila mencapai ≥70.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus 1 memperoleh mencapai skor 30 kriteria baik” dan pada siklus II mencapai skor 40 dengan kriteria “Sngat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus 1 memperoleh 45,8% dengan kriteria dan mengalami peningkatan menjadi 95,83% dengan kriteria“Sangat Aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal pada siklus 1 mencapai 37,5% dan siklus II mencapai 91,66%.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Picture and Picture, Group Investigation, dan Inkuiri terdapat peningkatan kualitas aktivitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar sehingga dapat disarankan untuk alternatif yang dapat digunaka dalam pembelajaran  IPS untuk meningkatka hasil belajar siswa, dan peningkatan keaktifan siswa, serta peningkatan mutu pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI