DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Team Assisted Individually (TAI), Student Facilitator And Explaining dan Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Alalak Tengah 1 Kecamatan Banjarmasin Utara
PENGARANG:HERNI NOPIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


ABSTRAK

 

Nopiani, Herni. 2019. Meningkatkan Hasil BelajarMuatan IPSTema Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi ModelTeam Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Togetherpada Siswa Kelas V SDN Alalak Tengah 1 Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar,Benda-benda di Sekitar Kita,Team Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Together.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Alalak Tengah 1 Banjarmasin terhadap muatanIPS Tema Benda-benda di Sekitar Kita. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kurang aktif dalam pembelajaran, tingkat pemahaman Siswa rendah, rendahnya kemampuan berkomunikasi Siswa, Siswa malu mengemukakan pendapat, Siswa tidak mengerjakan tugas kelompok, Pekerjaan Rumah dan Siswa belum mampu mengembangkan keterampilan mengamati dan mengomunikasi. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakankombinasi modelTeam Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Together.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Alalak Tengah 1 Banjamasin pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 32 orang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada muatanIPSTema Benda-benda di Sekitar Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi modelTeam Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Togetherpada siklus IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor97,5 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 93,30 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektifdan psikomotorikketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Team Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatanIPSTema Benda-benda di Sekitar Kita. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Team Assisted Individually, Student Facilitator and Explaining dan Numbered Heads Together dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI