DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn pada Tema kayanya Negeriku melalui kombinasi model Grup investigation (GI), Mind Mapping, dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Lulut 2 Kabupaten Banjar
PENGARANG:NI WAYAN SUKRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-02


Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar siswa, Pendidikan Kewarganegaraan Grup 

Investigation (GI), Mind Mapping (MM) , dan Talking Stick (TS).

Permasalahan dalam penelitian ialah Siswa kurang aktif saat proses 

pembelajaran, Siswa merasa bosan, dan pembelajaran kurang menarik dan 

menyenangkan. Hal ini disebabkan karena Tidak semua siswa mampu berinteraksi 

pada saat pembelajaran dan hanya bersifat satu arah serta Kurangnya penggunaan 

variasi model dalam pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang berada 

dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Maka, perlu dilakukan inovasi 

pembelajaran menggunakan kombinasi model Grup investigation (GI), Mind 

Mapping, dan Talking Stick untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan 

aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sungai Lulut 2 Kabupaten 

Banjar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang 

dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Subjek dari 

penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Sungai Lulut 2 kab Banjar tahun 

pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 15 orang perempuan dan 

13 orang laki-laki. Penggalian data menggunakan observasi aktivitas guru, aktivitas 

siswa, dan hasil belajar. Indikator keberhasilan siswa dianggap tuntas belajar 

apabila diperoleh sekurang-kurangnya 80% dari seluruh siswa mendapat ≥70.

Hasil penelitian menunjukan aktifitas guru pada pertemuan pertama 

mendapatkan skor 28 dengan katagori “baik” dan pada pertemuan 4 semakin 

membaik dengan mendapatkan skor 35 dengan katagori “sangat baik”. Aktifitas 

siswa pertemuan pertama dengan persentase 53,7% katagori “cukup aktif” dan 

meningkat pada pada pertemuan 4 dengan persentase 92,8% katagori “sangat aktif”. 

Dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dengan 

persentase 57,10 % dan meningkat semakin meningkat pada pertemuan 4 dengan 

persentase 92,80%.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diharapkan guru bisa menjadikan 

penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang 

lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas 

pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI