DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas VA SDN Manarap Lama 2 Kecamatan Kertak Hanyar
PENGARANG:HELMATUS SHALEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-03


Shalehah, Helmatus.2019.Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKnTema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas VASDN Manarap Lama 2 Kecamatan Kertak Hanyar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. PembimbingDr.H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Lingkungan Sahabat Kita, Model Group Investigation, Numbered Heads Together, Snowball Throwing

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendanya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena siswa kurang berinteraksi dan kurang melibatkan diri secara aktif dalam pembelajaran, siswa ragu untuk bertanya, siswa belum bersikap demokratis, cermat, dan teliti, serta belum terlatih saat mengkomunikasikan hasil diskusi. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi modelGroup Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas VA SDN Manarap Lama 2 Kecamatan Kertak Hanyar tahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Manarap Lama 2 Kecamatan Kertak Hanyar pada siswa kelas VA dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis dan lisandengan indikator keberhasilan yaitu terlaksananya aktivitas guru dan peningkatan aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapankombinasi modelGroup Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing dapat diketahui aktivitas guru pada siklus I dengan perolehan skor 65,63 meningkat menjadi 96,88 pada siklus IV. Aktivitas siswa siklus I berdasarkan klasikal 50% meningkat menjadi 92% pada siklus IV. Hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada siklus I mencapai 46,15%; 65,38%; 53,85%meningkat menjadi 92,31%; 92,31%; 88,46% pada siklus IV.   

Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan dan telah mencapai ketuntasan individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk guru, kepala sekolah dan peneliti lain muatan PPKn Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI