DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN POTENSI SUMBER DAYA AIR UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI DESA TUMBANG SIAN DAN DESA TUMBANG LAPAN, KECAMATAN KAHAYAN HULU UTARA, KABUPATEN GUNUNG MAS, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:EDWARD YOSEP T.
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-03


Untuk menyelidiki potensi sumber daya air sungai Miri dilakukan dengan menganalisa kawasan DAS sungai Miri menggunakan data curah hujan  dan iklim dari empat stasiun curah hujan selama 11 tahun dari 2007 hingga 2017 serta menggunakan data satelit, metode Isohyet, Penman Monteith Modifikasi dan FJ. Mock untuk mendapatkan debit andalan minimal 85%. Data debit ini digunakan untuk menghitung daya listrik yang dapat dibangkitkan oleh sungai Miri, air terjun Sei Hatowan, dan air terjun Sei Pondan serta menganalisis kebutuhan besar daya listrik masyarakat pada desa Tumbang Sian dan Tumbang Lapan .

Dari hasil penelitian, nilai debit andalan minimum yang diperoleh untuk Pembangkit Listrik Mikro Hidro adalah 6,0993 m3/s dengan daya yang dihasilkan oleh ketiga sumberdaya air adalah 1,853.8 kW dengan jumlah Kepala Keluarga yang dapat menerima layanan listrik adalah 8-9 Kepala Keluarga. Untuk perhitungan desain juga mendapatkan  daya listrik 1989.79 kW dengan menggunakan generator 3 fase dan pipa penstock berbahan dasar PE.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI