DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya mengembangkan aspek kognitif dalam menyebut dalam menyebut lambang bilangan 1-10 menggunakan model explicit instruction dikombinasikan dengan model picture and picture dan talking stick pada anak kelompok B TK terpadu sulthan banjarmasin
PENGARANG:SYALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Kata Kunci: Kognitif, Menyebut Lambang Bilangan 1-10, Model Explicit InstructionPermasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan anak kelompok B dalam menyebut lambang bilangan 1-10. Penyebabnya adalah karena penggunaan model/metode pembelajaran yang kurang bervariasi, Kurang mengarahkan anak dalam pembelajaran, dan Media pembelajaran yang terbatas. Adapun tujuan penelitian iniuntuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek kognitifdalam menyebut lambung bilangan 1-10 menggunakan ModelExplicit Instruction Dikombinasikan DenganModel Picture And Picture DanTalking Stick Pada Anak Kelompok B Tk Terpadu Sulthan Banjarmasin.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpulan yang data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek kognitif anak. Indikator keberhasilan dalam PTK ini dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai kategori minimal sangatbaik dengan skor 33, aktivitas anak apabila anak berada pada minimal kategori sangat aktif yaitu skor 81 dan pengembangan aspek kognitif anak secara individual minimal memperoleh ???dan secara klasikal mencapai skor 81. Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 58,33dengan kategori “Cukup Baik” padasiklus II pertemuan I meningkat dengan skor 97,22dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak padasiklus Ipertemuan I secara klasikal memperoleh 56,67% dengan kategori “Sebagian anak cukup aktif”meningkat pada siklus II pertemuan I secara klasikal memperoleh 94,99 dengan kategori “Hampir semua anak sangat aktif”. Hasil pengembangan aspek kognitif anak pada pertemuan I secara individual ada 7 anak yang berhasil berkembang sedangkan secara klasikal mencapai 46,67% anak memperoleh ≥???, meningkat pada siklus II pertemuan I secara individual ada 14 anak yang berhasil berkembang sedangkan secara klasikal mencapai 93,33% anak memperoleh ≥???.Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan ModelExplicit Instruction Dikombinasikan DenganModel Picture And Picture DanTalking Stickdalammenyebut lambang bilangan 1-10 dapat mengembangkan aspek kognitif anak pada kelompok B TK Terpadu Sulthan Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI