DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 TAMBAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:RYAN SETIAWAN
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-10


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan strategi pembelajaran predictobserve-
explain (POE) pada materi larutan penyangga yang bertujuan untuk
mengetahui (1) peningkatan aktivitas siswa, (2) peningkatan keterampilan berpikir
kritis siswa, (3) peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tamban
berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes hasil
belajar dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknis analisis data menggunakan
teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) terjadi peningkatan skor aktivitas siswa dari 58,6% (cukup aktif) pada siklus I
menjadi 77,3% (aktif) pada siklus II (2) terjadi peningkatan keterampilan berpikir
kritis siswa dari 70,5% (kritis) pada siklus I menjadi 86,4% (sangat kritis) pada
siklus II (3) hasil belajar aspek pengetahuan siswa meningkat dengan skor 73,9
(kurang) pada siklus I menjadi 84,05 (baik) pada siklus II (4) hasil belajar aspek
sikap siswa meningkat dari 2,53 (baik) pada siklus I menjadi 3,05 (baik) pada
siklus II (5) terjadi peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa dari 78,40
(cukup) pada siklus I menjadi 88,63 (baik) pada siklus II.
Kata kunci: Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), hasil
belajar, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI