DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 BANJARMASI
PENGARANG:FEBRINA NOVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

 

Febrina Novitas Sari. 2019. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMAN 5 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr.Ali Rachman, M.Pd (II) Dr.Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci : Teknik Brainstorming, Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal

 

Komunikasi interpersonal penting dilakukan untuk mendukung kelancaran komunikasi dalam aktivitas yang dilakukan, termasuk aktivitas yang terjadi di sekolah.  Rendahnya komunikasi interpersonal siswa mengakibatkan siswa kurang siap berbicara dengan orang lain, ragu mengucapkan kata-kata,tertekan dengan teman sebaya, sulit memulai komunikasi, kurang kreatif dalam mencurahkan pendapat, dan kurang peduli terhadap orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal pada siswa sebelum dan sesudah diberikannya teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 5 Banjarmasin

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen design dengan menggunakan bentuk intact-group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Banjarmasin. Sampel penelitian diperoleh dari angket dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 14 orang. Instrument pengumpulan data berupa skala pengukuran komunikasi interpersonal.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji Tmenunjukan bahwa thit > ttab yaitu 15.33 >2.178. Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok efektif terhadap komunikasi interpersonal pada siswa yang ditandai dengan adanya peningkatan komunikasi interpersonal sebelum dan sesudah diberikan teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI