DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn TEMA KAYANYA NEGERIKU MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, TWO STAY TWO STRAY DAN ARISAN CARD PADA SISWA KELAS IV SDN MANTUIL 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMIATUL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Hidayah, Rahmiatul (2019).“ Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Tema Kayanya Negeriku melalui Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Two Stay Two Stray dan Arisan Card pada Siswa Kelas IV SDN Mantuil 1 Banjarmasin”. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar, Tema Kayanya Negeriku, Group Investigation, Two Stay Two Stray, Arisan Card.

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang tersedianya pengalaman belajar siswa yang beragam, suanana kurang menyenangkan dan menantang, komunikasi hanya satu arah dan cenderung pasif hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Terlihat pada tahun pelajaran 2017/2018 hanya 50% siswa yang mencapai KKM.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Two Stay Two Stray, Arisan Card. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dan menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam 4 kali siklus dengan jumlah siswa 24 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 34-40 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai kriteria aktif dan sangat aktif, secara klasikal mencapai ?81% dengan kriteria hampir seluruhnya aktif serta hasil belajar mencapai ketuntasan ?80% secara klasikal.

Hasil peneltian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana pada siklus IV memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus IV mengalami peningkatan dengan memperoleh kriteria aktif dan sangat aktif, secara klasikal memperoleh kriteria hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa meningkat dan mencapai ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Two Stay Two Stray dan Arisan Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar kombinasi model pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI