DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK DALAM KEGIATAN MENEMPEL SESUAI DENGAN POLA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODE DIRECT INSTRUCTION MODEL SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK BI TK LKMD MELATI ALALAK TENGAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:AGNES SHELYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK 

 

Shelya, Agnes. 2019. “Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Mnempel Sesuai Pola Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction Model Snowball Throwing dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok BI TK LKMD Melati Alalak Tengah Banjarmasin Utara”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Nina Permatasari, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci : Motorik Halus, Menempel Sesuai Pola, Model Direct Instructiom, Snowball Throwing dan  Pemberian Tugas

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek motorik halus  anak dalam menempel sesuai pola dikarenakan terlalu cepatnya memperagakan atau mengajarkan konsep dan keterampilan  dalam  kegiatan pembelajaran, sehingga anak cenderung tidak efektif dalam memperhatikan saat kegiatan pembelajaran, kurang bisa membuat pembelajaran yang menyenangkan atau  menarik, sehingga anak mudah bosan saat mengikuti pembelajaran, dan kurang meikutsertakan anak dalam kegiatan pembelajaran demonstrasi, sehingga sebagian besar anak lebih banyak meminta bantuan guru dalam menyelesaikan tugas karena mereka merasa tidak bisa mengerjakan tugasnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam menempel sesuai pola.

 Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok BI TK LKMD Melati Alalak Tengan Banjarmasin Utara yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif  dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan dengan kategori “sangat baik”,aktivitas anak mencapai ≥17 kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ((((Berkembang Sesuai Harapan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Direct Instruction, Model Snowball Throwing dan Metode Pemberian Tugas dapat aktivitas anak memperoleh  44%  berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 94% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan motorik halus anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 5 anak memperoleh ((( (Berkembang Sesuai  Harapan) dan 11 anak memperoleh bintang (((( (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 94%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Snowball Throwing dan metode Pemberian Tugas dapat mengembangkan kemampuan Motorik Halus anak dalam menempel sesuai pola pada anak Kelompok BI TK LKMD Melati Banjarmasin” dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI