DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) di Kota Banjarmasin
PENGARANG:MEGAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) di Kota Banjarmasin bergerak dalam bidang lingkungan dan fokus pada sungai. Mempunyai visi, misi, dan program kerja peduli sungai/lingkungan dalam komunitas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisisvisi, misi, dan program kerja Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) di Kota Banjarmasin, dan; (2) Menganalisisrealisasi program kerja Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) kepada masyarakat di Kota Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu pengurus komunitas dan anggota komunitas. Informan kunci dalam penelitian ini adalah ketua komunitas. Objek penelitian ini mengenai Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) di Kota Banjarmasin. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Visi, misi, dan program kerja Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) di Kota Banjarmasinmelalui kegiatan yang telah direncanakan Komunitas Melingai, sesuai teori yang relevan sangat berguna sebagai bentuk kepedulian komunitas terhadap kelestarian lingkungan/sungai demi membantu pemerintah Kota Banjarmasin menyediakan ruang dan tempat tinggal yang bermartabat dan ekosistem yang sehat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya agar dapat berkembang dengan baik; (2) Realisasi program kerjaKomunitas Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) kepada masyarakatdi Kota Banjarmasinsudah terwujud, namun sebagian masih dalam proses yaitu point ke lima lestari sungai Kota Banjarmasin dan Asri Kota Banjarmasin akan terealisasi apabila upaya yang dilakukan masyarakat/komunitas dapat dukungan dari pemerintah Kota Banjarmasin. Upaya yang dilakukanpun tidak bisa sekaligus direalisasikan akan tetapi bertahap sesuai kemampuan komunitas/masyarakat dan pemerintah kota dalam melaksanakannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI