DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya meningkatkan hasil belajar muatan PPKn materi hak dan kewajiban terhadap lingkungan menggunakan model pembelajaran group investigation dikombinasikan dengan numbered heads together dan talking stick pada siswa kelas IVB SDN 1 Sungai Tiung Kota Banjarbaru
PENGARANG:MUHAMMAD IRSYAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

Irsyad, Muhammad. 2019 “Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia Meteri Hak Dan Kewajiban Terhadap Lingkungan  Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Dikombinasikan Dengan Numbered Heads Together Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IVB SDN 1 Sungai Tiung Kota Banjarbaru”. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Program Pendidikan Guru Prasekolah dan Sekolah Dasar Banjarmasin.  Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar PPKn, hak dan kewajiban terhadap lingkungan, Group Investigation dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Talking Stick.

Masalah yang terjadi pada pembelajaran PPKn dikelas IVB SDN 1 Sungai Tiung Kota Banjarbaru yaitu guru hanya mengajar dengan metode ceramah, pembelajaran tidak bermakna, dan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif. Hal ini akan di perbaiki dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. 

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setting penelitian ini di kelas dikelas IVB SDN 1 Sungai Tiung Kota Banjarbaru Semester Genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan butir tes untuk hasil belajar. Teknik evaluasi yaitu dengan distribusi dan frekuensi peraspek yang digunakan dalam tes. Cara pengumpulan data melalui observasi proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru selesai dilaksanakan dengan sangat baik. Aktivitas siswa terlaksana dengan kriteria seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu memperoleh ketuntasan 87,5% dari jumlah seluruh siswa dengan KKM 70.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn meningkat sesuai dengan hipotesis di penelitian. Maka kepada pihak sekolah penelitian ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membina guru dan memberikan kebijakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI