DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GRUP INVESTIGATION DAN SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS V SDN MELAYU 11 BANJARMASIN
PENGARANG:M. ZAINUL ATQIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

 

Atqia. M.Zainul, 2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-jaring Kubus Dan Balok Menggunakan Kombinasi  Model Problem Based Learning (PBL), Grup Investigation (GI) Dan Snowball Drilling pada siswa Kelas V  SDN Melayu 11 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Suhaimi, SPd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Jaring-jaring Kubus dan Balok, Model Problem Based Learning (PBL), Grup Investigation (GI) Dan Snowball Drilling

 

Permasalahan pada penelitian ini proses pembelajaran  tidak berpusat kepada siswa, belum mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep ilmu, dan belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar anak pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Melayu 11 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa. Indikator keberhasian dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakn berhasil apabila skor yang diperoleh ≥30 dan berada pada kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa dikatakan berhasil apabila siswa berada pada kategori aktif dan sangat aktif dengan presentase keaktifan klasikal siswa ≥80% ; (3) Siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai yang didapat nya ≥70, pembelajaran secara klasikal dinyatakan berhasil apabila siswa tuntas belajar ≥80%. Data yang dianalisi dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitf siswa pada akhir pertemuan III 91,67%. Psikomotorik siswa pada akhir pertemuan III 95,83%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Grup Investigation (GI) Dan Snowball Drillingdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI