DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS pada materi kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat menggunakan model pembelajaran group investigation dikombinasikan dengan mind mapping dan numbered heads together pada kelas VB SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:PUTRI RAHMA CAHYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

 

Cahyati, Putri Rahma. 2019 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Masyarakat Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasikan Dengan Mind Mapping Dan Numbered Heads Together (NHT)) pada Kelas VB SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat, Group Investigation (GI), Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT)

Masalah yang terjadi pada pembelajaran IPS dikelas VB SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VB. Pada materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat yaitu kurang dari KKM 70 dengan ketuntasan 64,5% dari keseluruhan berjumlah 34 siswa. Hal ini karena siswa kesulitan dalam mengidentifikasi dan memahami pelajaran kegiatan ekonomi, selain itu motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat rendah, akibatnya pembelajaran menjadi kurang bermakna. Jika dibiarkan siswa tidak dapat mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Mind Mapping dan Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setting penelitian ini di kelas VB SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala Semester Genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 34 orang yaitu, 17 orang siswa Laki-laki dan 17 orang siswa Perempuan.  Instrumen yang digunakan adalah butir lembar observasi guru dan siswa selama pembelajaran, dan butir tes untuk hasil belajar di akhir pertemuan. Cara pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan selama proses pembelajaran. di dalam

Hasil penelitian menunjukan terlaksananya aktivitas guru dari pertemuan 1 terlaksana dengan kriteria cukup baik dan terjadi peningkatan menjadi baik pada pertemuan 3. Aktivitas siswa pertemuan 1 sudah terlaksana dengan cukup aktif dan terjadi peningkatan menjadi aktif pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, pada pertemuan 1 mencapai 44% dan terjadi peningkatan 82% pada pertemuan 3 dengan KKM ≥ 70.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai sumbangan pemikiran dalam merencanakan program inovasi pembelajaran, memberikan bimbingan dan fasilitas kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran muatan IPS.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI