DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA ANAK DALAM BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MENGGUNAKAN KOMBINASI, MODEL ROLE PLAYING,TAKE AND GIVE, DAN METODE TANYA JAWAB.ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BUDI HARAPAN SUNGAI ANDAI BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ARPI EMELIA IRIANTINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

Iriantinah, Arpi Emelia. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Dalam Berkomunikasi Secara Lisan Menggunakan Kombinasi, Model Role Playing,Take And Give, Dan Metode Tanya Jawab.Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Budi Harapan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Skripsi Program pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin M.Pd,

 

Kata Kunci: Bahasa, Berkomunukasi Secara Lisan, Model Role Playing, Take and Give dan Metode Tanya Jawab

 

Permasalahan dalam penelitian ini kurangnya menariknya proses pembelajaran yang disajikan, yang tidak melibatkan anak dalam pembelajaran dengan menggunakan media yang kurang menarik minat anak, dan pembelajran yang masih bersifat abstrak maka harus dikogritkan untuk meningkatkan minat anak dalam pembelajaran, kurangnya antusias anak dalam proses pembelajaran yang membuat minat anak kurang tertarik ketika dalam kegitan pembelajran yang mengakibatkan kecerdsan bahasa anak jadi terhambat khusunya anak dalam berkomunikasi secara lisan sehingga kurang memiliki pembelajaran secara langsung dalam berkomunikasi secara lisan.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian Dilaksanak di TK Budi Harapan Banjarmasin Utara pada kelompok B yang berjumlah 12 Orang anak, terdiri 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Data Penelitian di peroleh dari data kuantitatif dan kuntitatif. Adapun indikator keverhasilan peneliti ini adalah aktivitas guru mencapai ≥30 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai ≥82 katagori sangat aktif, dan berhasil perkembangan anak minimal mendapatkan bintang ??? (BSH) dan bintang ???? (BSB) hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas guru mendapatkan kriteria sangat baik, aktifitas anak mendapatkan kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan anak setiap pertemuan terjadi peningkatan mendapatkan kriteria sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian perkembngan anak menggunakan kombinasi Role Playing, Take and Give dan Metode Tanya Jawab maka kemampuan aspek Bahasa Berkomunikasi Secara Lisan di TK Budu Hatarapan Banjarmasu Utara berkembang. Diharapkan guru dapat menggunkan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan perkembanagan kempuan aspek Bahasa Berkomunikasi Secara Lisan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI