DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:Rina Nurmilawati
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-11


Kata Kunci: sumber belajar, fungsi, respon, manfaat.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini mengalami
kemajuan yang sangat pesat dan pengaruhnya terlihat pada berbagai bidang
termasuk pada bidang pendidikan. Handphone salah satu teknologi yang
perkembangannya sangat pesat. Perkembangan teknologi handphone dapat dilihat
dari terobosan handphone jenis baru yang lebih canggih yaitu smartphone. Zaman
sekarang smartphone menjadi barang penting dalam kegiatan sehari-hari termasuk
kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui fungsi
smartphone sebagai sumber belajar dalam proses belajar siswa, (2) untuk
menjelaskan respon dari guru dan siswa terhadap penggunaan smartphone sebagai
sumber belajar, (3) untuk menjelaskan manfaat bagi guru dan siswa saat
menggunakan smartphone sebagai sumber belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Sumber data dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang digunakan
adalah analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) fungsi smartphone sebagai sumber
belajar dalam proses belajar siswa yaitu dapat berfungsi sebagai alat untuk
mencari materi tambahan untuk menambah pemahan siswa, dapat membantu
siswa dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dan
dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam proses belajar; (2) respon siswa
yaitu siswa menyukai smartphone digunakan sebagai sumber belajar karena
mudah untuk digunakan dan cepat untuk menemukan jawaban yang dicari; siswa
banyak mengajukan pertanyaan kepada guru karena siswa bingung menemukan
jawaban yang cocok dan bahasa yang sulit dipahami. Respon guru selalu
mengawasi siswa saat mengunakan smartphone untuk melakukan browsing di
internet; (3) manfaat yang didapat yaitu dapat mengatasi keterbatasan ruang dan
dapat mengatasi sikap pasif anak didik sehingga menimbulkan gairah belajar
mereka.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru mengawasi siswa saat
menggunakan smartphone pada proses belajar dan memberikan saran website,
blog atau link yang dapat digunakan untuk siswa dalam menyelesaikan tugas atau
hanya untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi yang
diajarkan. Pengawasan dan penyaranan website dapat membantu memperlancar
proses belajar menggunakan smartphone sebagai sumber belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI