DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MEMINDAI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC), NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) DAN SCRAMBLEPADA SISWA KELAS V SDN TELAWANG 4BANJARMASIN
PENGARANG:ROHANIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Kata Kunci : membaca memindai, Model Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC), Numbered Head Together(NHT) Dan Scramble.

 

Rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca memindai kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin disebabkan karena pembelajaran terjadi hanya satu arah, tidak menggunakan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang tidak relevan sehingga pembelajaran kurangefektif. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa dalam materi membaca memindai menjadi rendah. Jika masalah tersebut dibiarkan begitu saja maka siswa akan semakin merasa jenuh dan bosan . Sehingga menyulitkan siswa untuk meneruskan materi pembelajaran selanjutnya dan juga akan kesulitan dalam memenuhi KKM yang telah ditentukan sekolah.Oleh karena itu diperlukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC), Numbered Head Together(NHT) Dan Scramblepada siswa kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin.Metode penelitian dilaksanakan di SDN Telawang 4 Banjarmasin. Kelas yang menjadi tempat penelitian adalah kelas V dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Hasil penelitian observasi aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC), Numbered Head Together(NHT) Dan Scramble pada siswa kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin. Hasil penelitian aktivitas guru dari pertemuan 1 memperoleh skor 20, dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi 28 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 dikategorikan aktif dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi kategori aktif. Secara klasikal dari 6 aspek yang diamati rata-rata meningkat dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3. Hasil belajar B.Indonesia pada pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,32% dan pada pertemuan 3 meningkat menjadi 82,35%. Berdasarkan hasil penelitiantindakan kelas yang telah dilaksankan disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaranCooperative Integrated Reading And Composition(CIRC), Numbered Head Together(NHT) Dan Scramblekarena model ini dapat meningkatkanaktvitas guru, aktivitas siswa danhasil belajar siswa kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin. Bagi siswa disarankan untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC), Numbered Head Together(NHT) dan Scramblepada materi membaca memindai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI