DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DALAM MENIRU (MENULISKAN DAN MENGUCAPKAN) HURUF A-Z MELALUI KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRATION, PICTURE AND PICTURE DAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN PERMAINAN LOMPAT ABJAD KELOMPOK A TK PUTRI LESTARI SIMPANG BELITUNG KUIN SELATAN BANJARMASIN
PENGARANG:F ATMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Kenyataannya yang dihadapi selama melakukan proses pengembangan kemampuan bahasa anak dalam kegiatan meniru (menulis dan mengucapkan) huruf A-Z Kelompok A TK Putri Lestari Simpang Belitung Kuin Selatan masih belum berkembang sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata anak yang masih masuk pada kriteria belum berkembang pada proses pengembangan bahasa. Atas dasar latar belakang permasalahan yang terjadi maka peneliti tertarik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dengan menerapkan model pembelajaran direct instration, picture and picture dan model snowball throwing dengan permainan lompat abjad.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian adalah pada anak kelompok A TK Putri Lestari Simpang Belitung Kuin Selatan Banjarmasin Selatan yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan terakhir dengan skor 36 “sangat baik”, (2) Aktivitas anak pada pertemuan terakhirdengan skor 87%  sangat aktif”, (3) Hasil perkembangan nilai bahasa pada pertemuan terakhir mencapai 87% anak yang berhasil berkembang dengan mendapatkan (berkembang sangat baik).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model direct instration, picture and picture dan model snowball throwing dengan permainan lompat abjad dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa dengan sangat baik dan sangat aktif. Di sarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI