DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKANAKTIVITASDAN HASILBELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MENGGUNAKAN MODEL KOMBINASIPEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH)PADA SISWA KELAS VSDN TELAWANG 4BANJARMASIN
PENGARANG:SALAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Kata Kunci: Aktivitas Siswa,Hasil BelajarSiswa,Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH).

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum terlibat aktifdalam pembelajaran,siswa belum berani mengungkapakn pendapatsehinnga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelaaran IPA Kelas V SDN Telawang 4 Banjarmasin.Hal ini disebakan karena pembelajaran satu arah,kurang interaksi antar siswa,dan penggunaan metode alat peraga yang kurang dalam proses pembelajaran serta kurang dalam inovasi pembelajaran.peneliti menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Course Review Horayuntuk permasalahan tersebut.Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru,peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitan Tindakan Kelas.Penelitian inidilaksanakan dalam empat kalipertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswakelas V dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 19orang laki-laki dan 6 orang perempuan pada semester genap SDN Telawang 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019Jenis datadalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasu aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 27kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan IVmenjadi 43dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 53,92% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 1Vmenjadi 97,5% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 55,87%dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 97%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajardan hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangandan masukan dalam meningkatkankualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI