DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASI DENGAN WORD SQUARE DIBANTU MEDIA KONKRIT SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 7 BANJARMASIN
PENGARANG:HESTI LISA INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA serta siswa belum mampu mengembangkan sikap ilmiah dan kurangnya konsentrasi anak saat pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa.Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir pertemuan empat telah mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada akhir pertemuan empatdinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada akhir pertemuan empatsudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan word Square dibantu media konkrit dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi Sumber Energi di kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Word Square dibantu Media Konkrit sebagaipilihan alternatifdalam memilih model pembelajaran yang inovatif, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI