DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES, SNOWBALL THROWING DAN ROLE PLAYING PADA ANAK KELOMPOK B TK KENANGA BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:PUTRI ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

Anggraini, Putri. 2019. Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak dalam bersikap Kooperatif dengan teman Menggunakan Kombinasi Model Examples non Examples, Snowball Throwing dan Role Playing pada Anak Kelompok B TK Kenanga Banjarmasin Barat.Skripsi Program PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M. Pd

Kata Kunci: Sosial Emosional, Examples Non Examples, Snowball Throwing dan Role Playing

   Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Kenanga Banjarmasin Barat dalam bersikap kooperatif dengan teman kurang optimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya pembiasaan dan berlatih sosial emosional dalam bersikap kooperatif. Untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran menggunakan kombinasi model examples non examples, snowball throwing dan role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksankaan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak di kelompok B TK Kenanga Banjarmasin Barat. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai sangat aktif. Hasil pengembangan anak minimal 80% mendapat nilai êêê(Berkembang Sesuai Harapan)danêêêê(Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan sosial emosional melalui Model Examples Non Examples, Model Snowball Throwing dan Model Role Playing dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek sosial emosional anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ««« dan «««« atau berkembang sangat baik (BSB). 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam  bersikap kooperatif dengan teman menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi Model Examples Non Examples, Model Snowball Throwing dan Model Role Playing karena dapat mengembangkan sosial emosional anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI