DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL (BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL TALKING STICK DAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK LESTARI KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOOR HALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

 

Haliza, Noor. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Sosial Emosional (Bersikap Kooperatif Dengan Teman) Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture, Model Talking Stick dan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Lestari Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci: Sosial Emosional dalam Bersikap Kooperatif Dengan Teman, Model Picture and picture, model talking stick dan metode bercerita.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum optimalnya perkembangan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Hal ini terjadi karena anak kurang memahami apa itu arti kerjasama, strategi pembelajaran yang kurang mendukung dan media pengajaran yang kurang menarik. Sehingga sebagian anak tidak memiliki kemampuan sosial emosional dalam bersikap kooperatif dengan teman. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman yaitu dengan menggunakan kombinasi Model Picture And Picture, Model Talking Stick Dan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Lestari Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Lestari Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dengan jumlah anak sebanyak 17 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan dan lembar kerja anak dalam pengembangan sosial emosional anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan sosial emosional melalui Mode Picture and Picture, Model Talking Stick dan Metode Bercerita dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik (2) aktivitas anak mendapat kriteria aktif (3) hasil perkembangan aspek sosial emosional anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ««« dan «««« atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Model Talking Stick danMetode Bercerita karena dapat mengembangkan sosial emosional anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI