DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TEMA PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN MODEL TWO-STAY TWO-STRAY DIKOMBINASI DENGAN SNOWBALL THROWING DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PASAYANGAN 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD SUPIAN SAURI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Sauri,  Muhammad Supian. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar PKn Tema Persatuan dan Kesatuan Menggunakan Model Two-Stay Two-Stray Dikombinasi dengan Snowball Throwing dan Word Square Kelas V SDN Pasayangan 1 Kabupaten Banjar”. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M. Pd.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Two-Stay Two-Stray, Snowball Throwing, Word Square.

 

                                 Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN Pasayangan 1 Kabupaten Banjar dalam pembelajaran PKn pada tema Persatuan dan Kesatuan. Penyebabnya karena pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media, siswa kurang  berminat dan kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Two-Stay Two-Stray Dikombinasi dengan Snowball Throwing dan Word Square. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema Persatuan dan Kesatuan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Pasayangan 1 dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan pada tahun ajaran 2018/2019. Penggalian data penelitian ini terdiri dari teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi terhadap guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa disertai dengan rubric masing-masing aktivitas guru dan siswa.. Dengan indikator keberhasilan belajar KKM individu  ≥70 dan KKM klasikal 80%.        

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru terjadi peningkatan dari siklus I dengan kategori baik hingga siklus 4 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori cukup aktif hingga siklus 4 dengan kategori sangat aktif. (3) Hasil belajar siswa  mengalami peningkatan pada siklus 1 hingga siklus 4 dari 45% menjadi 94%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two-Stay Two-Stray Dikombinasi dengan Snowball Throwing dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan pada guru SD dapat menggunakan model Two-Stay Two-Stray Dikombinasi dengan Snowball Throwing dan Word Square sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn khususnya pada tema Persatuan dan Kesatuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI