DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:FLORENTINA PRATIWI NINGTYAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

 

Florentina Pratiwi Ningtyas, (A1A115021).  2019. Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Martapura. Skripsi. (Pembimbing I: Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. Herry Porda NP, M.Pd).

Pembelajaran saat ini memerlukan model pendekatan baru yang mengubah setiap kegiatan pembelajaran menjadi bermakna bagi setiap peserta didik. Guru harus mampu menghubungkan antara konsep/tema/pokok bahasan dengan dinamika lingkungan kehidupan peserta didik. Dengan bermaknanya pembelajaran akan meningkatkan minat belajar peserta didik. Seperti halnya guru – guru di SMA Negeri 1 Martapura dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dituntut dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Discovery Learning sering digunakan oleh guru – guru SMA Negeri 1 Martapura, karena menurut guru mata pelajaran sejarah model pembelajaran tersebut dapat lebih meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model Discovery Laerning di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Martapura, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Martapura, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan model discovery learning, 4)Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Martapura.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan mengenai model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Martapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan teknik pengumpulan data tersebut diperoleh dua data, yaitu data primer berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara sedangkan data sekunder berupa hasil studi dokumen yang berhubungan dengan sekolah.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Martapura sudah tergolong sangat baik dan perencanaan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran discovery learning, (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan model discovery learning  di SMA Negeri 1 Martapura berjalan dengan sangat baik, (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru melalui beberapa penilaian, 4) Hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning mengalami peningkatan bahkan semua siswa mencapai KKM.Kata kunci: Model discovery learning, Pembelajaran sejarah, SMAN 1 Martapura

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI