DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Mengembangkan Kemampuan Kognitif anak dalam Mengenal Bilangan dan Lambang Bilangan menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Langsung dengan Metode Demonstrasi dan Make a Match pada anak Kelompok A di TK Budi Mulia II Kecamatan Banjarmasin Utara | |
PENGARANG | : | NORHIDAYAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-05 |
KataKunci:Kognitif,MengenalBilangandanLambangBilangan,ModelPembelajaranlangsung,metodeDemonstrasidanMakeAMatch.Permasalahandalam penelitianiniadalahhasilperkembangankognitifanakpadakelompokAdalam mengenalbilangandanlambangbilangan.Halinidisebabkanrendahnyakemampuankognitifanakdalammengenalbilangandanlambangbilangan,mediayangdigunakangurukurang menarik sehingga anak mudah bosan,anak sulituntukberkonsentrasi.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuiaktivitasguru,aktivitasanak,danhasilperkembangankognitifanak.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatanpenelitiankualitatifdandenganjenispenelitiantindakankelas,penelitianinidilaksanakandalam 4kalipertemuan,settingpenelitianpadaanakkelompokAdiTKBudiMuliaIIkecamatanBanjarmasinUtarayangberjumlah15oranganak(8anaklaki-lakidan7anakperempuan).Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasi,dokumentasidanwawancarasertapenilaianaspekperkembangankognitif.Indikatorkeberhasilanaktivitasgurudikatakanberhasilapabilamencapaikriteriabaikdansangatbaik.Aktivitasanakrata-ratakelasdenganpersentase82% kategorisangataktifhanhasilperkembanganminimal80%danmencapainilaibintang3(???)dan4(????).Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)Aktivitasgurupadapertemuanke-1denganskor26dengankategori“Baik”,pertemuanke-2denganskor28dengankategori“Baik”,pertemuanke-3denganskor35dengankategori“SangatBaik”danpertemuanke-4denganskor36dengankategori“SangatBaik”.(2)AktivitasAnakpadapertemuanke-1denganpersentase52,2% kategori“cukupaktif”,pertemuanke-2denganpersentase63,3% kategori“aktif”,pertemuanke-3denganpersentase82,5%kategori“sangataktif’,danpertemuanke-4denganpersentase87,5% kategori“sangataktif”.(3)hasilperkembangankognitifpadapertemuan terakhir mencapai 84% anak yang berhasil denganmendapatkan???(BSH)dan????(BSB).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapankombinasiModelpembelajaranlangsungdenganmetodedemonstrasidanMakeAMatchdapatmengembangkanaktivitasguru,aktivitasanakdanhasilperkembangankognitifdengansangatbaikdansangataktif.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI