DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif anak dalam Mengenal Bilangan dan Lambang Bilangan menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Langsung dengan Metode Demonstrasi dan Make a Match pada anak Kelompok A di TK Budi Mulia II Kecamatan Banjarmasin Utara
PENGARANG:NORHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


KataKunci:Kognitif,MengenalBilangandanLambangBilangan,ModelPembelajaranlangsung,metodeDemonstrasidanMakeAMatch.Permasalahandalam penelitianiniadalahhasilperkembangankognitifanakpadakelompokAdalam mengenalbilangandanlambangbilangan.Halinidisebabkanrendahnyakemampuankognitifanakdalammengenalbilangandanlambangbilangan,mediayangdigunakangurukurang menarik sehingga anak mudah bosan,anak sulituntukberkonsentrasi.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuiaktivitasguru,aktivitasanak,danhasilperkembangankognitifanak.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatanpenelitiankualitatifdandenganjenispenelitiantindakankelas,penelitianinidilaksanakandalam 4kalipertemuan,settingpenelitianpadaanakkelompokAdiTKBudiMuliaIIkecamatanBanjarmasinUtarayangberjumlah15oranganak(8anaklaki-lakidan7anakperempuan).Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasi,dokumentasidanwawancarasertapenilaianaspekperkembangankognitif.Indikatorkeberhasilanaktivitasgurudikatakanberhasilapabilamencapaikriteriabaikdansangatbaik.Aktivitasanakrata-ratakelasdenganpersentase82% kategorisangataktifhanhasilperkembanganminimal80%danmencapainilaibintang3(???)dan4(????).Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)Aktivitasgurupadapertemuanke-1denganskor26dengankategoriBaik,pertemuanke-2denganskor28dengankategoriBaik,pertemuanke-3denganskor35dengankategoriSangatBaikdanpertemuanke-4denganskor36dengankategoriSangatBaik.(2)AktivitasAnakpadapertemuanke-1denganpersentase52,2% kategoricukupaktif,pertemuanke-2denganpersentase63,3% kategoriaktif,pertemuanke-3denganpersentase82,5%kategorisangataktif,danpertemuanke-4denganpersentase87,5% kategorisangataktif.(3)hasilperkembangankognitifpadapertemuan terakhir mencapai 84% anak yang berhasil denganmendapatkan???(BSH)dan????(BSB).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapankombinasiModelpembelajaranlangsungdenganmetodedemonstrasidanMakeAMatchdapatmengembangkanaktivitasguru,aktivitasanakdanhasilperkembangankognitifdengansangatbaikdansangataktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI