DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:DEVI ARIANTI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Kata Kunci:Hasil Belajar, Realistic Mathematics Education, Team Assisted Individually, Pair Check.

 

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran, siswa pasif, dan pembelajaran berlangsung satu arah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitudenganmenerapkan kombinasimodel pembelajaran Realistic Mathematics Education, Team Assisted Individually, dan Pair Check. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanketerlaksanaannya aktivitas gurudansiswa, serta menganalisispeningkatan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 14orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatifdan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 38-44kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥82% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswamencapai ketuntasan klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥65.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1mencapai kriteria tidak aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan 3mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 57,1%, afektif 64,3%, dan psikomotorik 42,9%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 66,7%, afektif 75%, dan pisikomotorik 66,7%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 75%,afektif 83,3%, dan psikomotorik 83,3%. Pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 91,7%, afektif 100%, dan pisikomotorik 91,7%.Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Realistic Mathematics Education, Team Assisted Individually, dan Pair Checkmenunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

viABSTRACTLestari, Devi Arianti. 2019. The Enhancement ofLearning Outcomesin Mathematics Material Angle Measurementby UsingRealistic Mathematics EducationModel combinedTeam Assisted Individuallyand Pair CheckModelsof Grade 4 inSDN Pekauman 2Banjarmasin. Thesis of Primary School Teacher Education Program.Faculty of Teacher Training and Education Lambung Mangkurat University. AdvisorDr. Noorhapizah, ST., M.Pd.Keywords:Learning Outcomes, Realistic

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI