DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 2
PENGARANG:NURMILA LUTVI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


                                                             ABSTRAK

 

Lutvi, Nurmila. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example dan Numbered Heads Together (NHT) serta Media Power Point pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 2. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Menentukan Sifat-Sifat dan Menggambar Bangun Ruang, Example Non Example, Numbered Heads Together, Media Power Point.

           

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan kombinasi model Example Non Example dan Numbered Heads Together dengan media power point. Hasilpenelitian menunjukkan peningkatan dari skor 30 dengan kriteria “Sangat Baik” pada siklus I menjadi skor 32 dengan kriteria “Sangat Baik” Pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus II memperoleh skor 64,25% dengan kriteria “Aktif:” meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria “Sangat Aktif. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I memperoleh 64% meningkat pada siklus II menjadi 96%. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka disimpulkan bahwadengan menggunakan kombinasi model Example Non Example dan Numbered Heads Together dengan media power point dapat meningkatkan aktivitas guru, akivitas siswa dan hasil belajar ini yaitu siswa kurang memperhatikan guru dan mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa, siswa juga kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan memberikan tanggapan di dalam kelas, komunikasi dan kerjasama kurang terlihat dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dan cepat bosan saat pembelajaran berlangsung, serta materi yang dianggap sulit bagi siswa. Masalah ini pun akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar Matematika pada materi Sifat-Sifat Bangun Ruang di kelas V SDN Kelayan Timur 2. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Example Non Example dan Numbered Heads Together (NHT) serta Media Power Point.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data analisis secara kualitatif melalui instrunen penelitian berupa lembar observasi guru dengan indikator keberhasilan ≥30 (Sangat Baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% secara klasikal (Aktif Dan Sangat Aktif). sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar secara individual mencapai nilai ≥60 dan secara klasikal ≥80% dari seluruh siswa mencapai nilai ≥60.

            Hasilpenelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklui I memperoleh skor 30 dengan kriteria “Sangat Baik”meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada siklus II memperoleh skor 64,25% dengan kriteria “Aktif:” meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kriteria “Sangat Aktif. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I memperoleh 64% meningkat pada siklus II menjadi 96%.

            Berdasarkan hasil temuan tersebut maka disimpulkan bahwadengan menggunakan kombinasi model Example Non Example dan Numbered Heads Together dengan media power point dapat meningkatkan aktivitas guru, akivitas siswa dan hasil belajar sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dan strategi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun ruang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI