DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL DEMONSTRATION KOMBINASI, MODEL MAKE A MATCH DAN MEDIA STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK KASIH SAYANG BUNDA BANJARMASIN
PENGARANG:NANDA HADRIANTI RAHMATIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


 

Rahmatin, Nanda Hadrianti, 2019. Mengembangkan Kognitif Dalam Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Melalui Model Demonstration Kombinasi, Model Make A Match Dan Media Stick Angka Pada Anak Kelompok B TK Kasih Sayang Bunda Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Unlam. Dosen Pembimbing: Dr. Darmiyati, S.Pd,. M.Pd

 

 

 

Kata kunci:   Mencocokan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Demonstration, Make A Match, Media Stick Angka.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil pengembangan  aspek kognitif anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan kurang berkembang. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan dikarenakan anak sulit memahami penjelasan materi yang disampaikan guru dalam pembelajaran, guru terlalu banyak menjelaskan sehingga anak kurang tertarik dan membuat anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan Model Demostration dikombinasikan dengan Model Make a Match dan Media Stick Angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek Kognitif anak dalam Mencocokan Bilangan Deangan Lambang Bilangan.

 

 

 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Setting penelitian anak dikelompok B TK Kasih Sayang Bunda Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan penilaian aspek perkembangan Kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif, dan hasil pengembangan anak minimal 80% dan mendapat nilai ??? dan ????.

 

 

 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam empat kali pertemuan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak meningkat pada pertemuan keempat dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mencocokan bilangan dengan lambang bilangan mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir.

 

 

 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya lebih terampil menggunakan model-model dan metode pembelajaran yang berpariatif dan kreatif agar dapat meningkatkan hasil perkembangan anak.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI