DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IVB SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MIRWAN BAIDHAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Baidhawi, Mirwan. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing pada Kelas IV B SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing M. Dani Wahyudi S.Pd.I, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together,   Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa masih sulit untuk berpikir kritis, kurangnya keaktifan dalam pembelajaran kooperatif serta pembelajaran bersifat satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB semester genap SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  38 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria baik, siklus III mencapai kriteria sangat baik, dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklus III mencapai kriteria aktif, dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 55%, siklus II mencapai 76%, siklus III mencapai 79%, dan siklus IV mencapai 92%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI