DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), THINK TALK WRITE (TTW) DAN TALKING STICK PADA KELAS 4A SDN SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:M. NOOR YUSUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Yusuf, M. Noor. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW) dan Talking Stick pada Kelas 4A SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Novitawati,S.Psi.,M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis Laporan, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), Talking Stick.

Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis laporan di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif di dalam proses pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW) dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian di kelas 4A SDN Sungai Andai 3 Banjarmasi dengan jumlah siswa 39 orang, terdiri dari 19 orang laki-laki dan 20 orang perempuan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Data yang di analisis dalam penelitian ini adalah data hasil observasi aktivitas guru dan hasil observasi aktivitas siswa dan data melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu maupun berkelompok. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dikatakan berhasil apabila skor di peroleh ≥ 30 dan berada pada ketegori sangat baik, aktivitas siswa dikatakan berhasil apabila siswa berada pada kategori aktif atau sangat aktif dan persentase keaktifan klasikal siswa ≥80%, Serta siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai yang di dapatnnya ≥75.

Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru telah mencapai skor 36 dengan kreateria sangat baik. Aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran mencapai persentasi klasikal 92,31% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa mecapai 94,87% siswa mendapat nilai ≥75.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition, Think Talk Write (TTW) dan Talking Stick berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas 4A SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Jadi disarankan dan diharapkan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain dapat menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition, Think Talk Write (TTW) dan Talking Stick dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI