DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI KOLABORASI MODEL TAKE AND GIVE, TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING PADA ANAK KELOMPOK B TK ALAM & SAINS CITRA ISLAMI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:ATIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aspek kognitif anak dalam membedakan lambang huruf. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan anak dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pembelajaran yang bersifat satu arah,media yang digunakan saat proses pembelajaran kurang menarik, dan pembelajaran yang disampaikan masih belum begitu jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam mengenal lambang huruf menggunakan kolaborasi model Take and Give, Talking Stick dan Snowball Throwing pada TK Alam dan Sains Citra Islami Banjarmasi Selatan.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus 3 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di TK Alam dan Sains Citra Islami Banjarmasi Selatan pada kelompok B yang berjumlah 22 orang anak, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif dan data kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥ 30 dengan kategori sangat baik aktivitas siswa mencapai skor ≥17 dengan kategori sangat aktif sedangkan secara klasikal mencapai ≥82% dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintangêêê (BSH).

Aktivitas guru Siklus I pertemuan 1 dan Pertemuan 2 mencapai kriteria Baik meningkat di Siklus II pertemuan 1 menjadi Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal Siklus I mencapai kriteria Cukup Aktif dan Aktif meningkat di Siklus II menjadi Sangat Aktif. Hasil perkembangan anak dalam mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan pada Siklus I memperoleh kategori mulai berkembang dan pada Siklus II mendapat kategori berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kolaborasi model Take and Give, Talking Stick dan Snowball Throwing dapat mengembangkan kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal lambang huruf pada anak kelompok B TK Alam dan Sains Citra Islami Banjarmasin” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal huruf, bagi Kepala Sekolah dapat dijadikan bahan masukan dan informasi untuk perbaikan pembelajaran dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan penelitian yang mendalam tentang pembelajaran menggunakan model Take and Give, Talking Stick dan Snowball Throwing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI