DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:GIOVANIA MELIDAPITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Permasalahan dalam pembelajaran dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak di kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin. Hal ini disebabkan siswa belum berpikir kritis, kesulitan memahami materi, kurang melibatkan diri dalam pembelajaran, pembelajaran berlangsung satu arah dan penggunaan model dan media yang kurang tepat. Dilihat dari nilai hasil ulangan dengan KKM 65 pada tahun 2017/2018 dari 13 orang siswa hanya 6 orang atau 46,15% siswa yang mencapai ketuntasan.Untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA materi gaya dan gerak pada kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin peneliti menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together, Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam empat pertemuan. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 14 orang terdiri dari 5 orang siswa orang laki-laki dan 9 orang siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 32dengan kriteria baik meningkat pada pertemuan 4 menjadi 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92,3% ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 58,3% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 84,6% ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa muatan IPA materi gaya dan gerak dengan menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads TogetherdanTeams Games Tournamentpada aktivitas guru terlaksana dengan baik, aktivitas siswa meningkat, dan hasil belajar memenuhi indikator keberhasilan pada siswa kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya materi gaya dan gerak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI