DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 5 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MISBAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-04 |
ABSTRAK
Misbah, 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Volume Kubus dan Balok Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament di Kelas V SDN Kelayan Selatan 5 Banjarmasin”. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Volume Kubus dan Balok, Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament.
Permasalahan siswa kelas V SDN Kelayan Selatan 5 Banjarmasin pada materi volume kubus dan balok adalah rendahnya hasil belajar siswa karena di bawah KKM. Hal ini disebabkan siswa tidak terlibat langsung dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa cenderung tidak berani bertanya jika ada materi yang tidak dimengertinya sehingga berakibat pada rendahnya pemahaman siswa pada materi volume kubus dan balok. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament, agar pembelajaran menjadi aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Juga siswa sudah mampu memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa kelas V SDN Kelayan selatan 5 Banjarmasin pada mata pelajaran Matematika meningkat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Kelayan Selatan 5 Banjarmasin yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik sederhana berupa skala persentase dan skala skor. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes tertulis, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif dan sangat aktif, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tuntas apabila siswa yan g mendapat nilai ≥ 60 dari ketuntasan klasikal ≥ 80%. Hasil penelitian menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa berdasarkan pada hasil secara keseluruhan siswa aktif dan sangat aktif mendapat kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa secara keseluruhan juga dinyatakan telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok. Sehingga disarankan kepada guru agar menjadikan alternatif pemilihan model pembelajaran, upaya dalam menciptakan perbaikan dan peningkatan pemahaman siswa, peningkatan aktivitas siswa serta peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar masing-masing.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI