DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LUAS PERSEGI, PERSEGI PANJANG, DAN SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI), DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN CINDAI ALUS 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:F AUZANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


ABSTRAK

Fauzannah. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI), Dikombinasikan Dengan Model Think Pair Share (TPS) dan Model Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci:Luas Bangun Datar, Hasil Belajar, TAI, TPS, NHT, Matematika.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran yang kurang variatif, menarik, dan bermakna bagi siswa. Sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi Luas Bangun Datar (Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga). Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan model Team Assisted Individualization yang dikombinasikan dengan model Think Pair Share,danNumbered Head Togetherdengan tujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SDN Cindai Alus 2 Kabupaten Banjar. Instrumen data yang digunakan yakni berupa observasi aktivitas guru dan siswa serta soal-soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data berupa observasi selama proses pembelajaran sedangkan teknik analisis datanya berupadistribusi frekuensi, persentase,dan deskripsi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan model Team Assisted Individualizationyang dikombinasikan dengan model Think Pair Share,danNumbered Head Togetherpada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kriteria sangat aktif, dan ketuntasan siswa secara individu maupun klasikal dinyatakan berhasil.

            Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Team Assisted Individualization yang dikombinasikan dengan model Think Pair Share,danNumbered Head Togetherdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar materi Luas Bangun Datar menggunakan model Team Assisted Individualization yang dikombinasikn dengan model Think Pair Share,danNumbered Head Together.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI