DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KATA BAKU MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN COOPERATIVE SCRIPT DAN SNOWBALL THROWING KELAS V SDN SUNGAI ARPAT 2 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD NASRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-04


Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi kata baku di kelas V SDN Sungai Arpat 2 Martapura adalah rendahnya keterampilan membaca siswa serta rendahnya motivasi dan minat belajar siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran denganmenggunkan model Explicit Intruction dikombinasikan dengan Cooperativ Script dan Snowball Throwing. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 35 kriteria “Baik”, Meningkat pada pertemuan 4 menjadi 45 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 45% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 95% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 42% siswa yang tuntas dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 95% siswa yang tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar. adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI