DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI EKSPERIMENTAL SIFAT MEKANIK BETON NORMAL DENGAN MENGGUNAKAN ABU DASAR LIMBAH HASIL PEMBAKARAN CAMPURAN CANGKANG DAN SERABUT KELAPA SAWIT SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT HALUS
PENGARANG:DWIKA BAGUS SETIYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

 Telah dilakukan penelitian dengan judul Studi Experimental Sifat Mekanik Beton Normal dengan Menggunakan Abu Dasar Limbah Hasil Pembakaran Campuran Cangkang Kelapa Sawit sebagai Pengganti Agregat Halus. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kuat tekan beton dan pengujian kuat tarik belah beton pada umur yang telah ditentukan. Mutu beton yang direncanakan yaitu f’c = 25 MPa.

Dilakukan pembuatan sampel mortar sebanyak 15 benda uji untuk masing-masing persentase variasi campuran 0%, 10%, 15%, 25%, 35%, 50%. Kemudian dilakukan perawatan dengan cara merendam benda uji mortar dalam bak berisi air PDAM. Pengujian kuat tekan mortar dilakukan pada umur yang sudah ditentukan. Didapat kadar optimum abu dasar 10% yang digunakan pada campuran beton variasi optimum abu dasar.

Didapat nilai kuat tekan beton normal dan beton variasi optimum abu dasar masing-masing sebesar 26,14 MPa dan 25,29 MPa. Kuat tekan beton dengan penambahan abu dasar 10% sebagai pengganti agregat halus mengalami penurunan nilai kuat tekan. Hal tersebut disebabkan tekstur abu dasar yang sangat berpori sehingga mengurangi kekuatan agregat halus sebagai pengisi yang menyebabkan beton menjadi berpori sehingga penyerapan air menjadi tinggi. Pengujian kuat tarik belah beton normal dan beton variasi optimum abu dasar masing-masing menghasilkan nilai kuat tarik belah rata-rata sebesar 3,44 MPa dan 3,02 MPa.

Kata kunci: abu dasar, beton normal, kuat tarik belah, pengganti pasir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI