DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY DI KELAS VIII
PENGARANG:MELY KARMILA
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-01-11


Komunikasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki
karena kemampuan komunikasi matematis membantu dalam hal penyampaian
informasi serta pendapat dalam pembelajaran. Selain komunikasi matematis, yang
menjadi faktor penting untuk menentukan keberhasilan siswa adalah kemandirian
belajar siswa, kemandirian belajar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap
individu, karena kemandirian belajar dapat menjadi salah satu faktor yang
menentukan dalam keberhasilan belajar matematika seseorang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi matematis dan kemandirian
siswa menggunakan model
knisley dan mengetahui ada atau tidaknya hubungan
antara komunikasi matematis dan kemandirian siswa dalam pembelajaran
matematika dengan menggunakan model
knisley di kelas VIII. Penelitian ini
merupakan penelitian
Quasi Eksperimental dengan desain equivalent time series
sebanyak enam pertemuan. Populasi penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII
SMP Negeri 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya
adalah siswa kelas VIII/F. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan
tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan mean, persentase, uji korelasi
spearman rank dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan
menggunakan model
knisley kemampuan komunikasi matematis siswa dalam
pembelajaran matematika berada dalam kualifikasi baik sekali, kemandirian siswa
sudah berada pada kategori menjadi kebiasaan, dan terdapat hubungan antara
kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemandirian siswa.


Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi matematis, Kemandirian Siswa, Model
Knisley

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI