DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL OPEN ENDED LEARNING (OEL) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN TALKING STICK SISWA KELAS IV SDN CINDAI ALUS 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SITI RUKAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

 

 

Rukayah, Siti. 2019. Meningkatkan  Hasil Belajar Pada Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS Menggunakan Model Open Ended Learning (OEL) Dikombinasikan dengan Model Example Non Example dan Talking Stick Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Kayanya Negeriku, IPS, Open Ended Learning, Example Non Example,dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS, yaitu dari KKM yang ditetapkan sekolah ≥67 yang mencapai ketuntasan hanya 35% (7 orang dari 20 siswa). Disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan siswa cepat bosan dalam pembelajaran. Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Open Ended Learning, Example Non Example,dan Talking Stick dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada SDN Cindai Alus 2 Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 22 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 tmencapai kriteria baik, sedangkan pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2mencapai kriteria aktif, sedangkan pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 71,43%, pertemuan 2 mencapai 77,14%, pertemuan 3 mencapai 91,43%, dan pertemuan 4 mencapai 97,14%.

            Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Open Ended Learning, Example Non Example,dan Talking Stick dapat memperbaiki aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada pihak sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif untuk memilih model pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar Tema Kayanya negeriku muatan IPS menggunakan kombinasi model pembelajaran Open Ended Learning, Example Non Example,dan Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI