DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR LAMA 6 BANJARMASIN
PENGARANG:Z AKIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran satu arah, kurang menekankan kerjasama, menoton dan kurang menarik sehingga membuat aktivitas belajar rendah, terlibat aktif, kurang berinteraksi dan cenderung bekerja secara individu serta siswa kurang memahami materi yang dipelajari. Oleh karena itu, diadakan perbaikan melalui kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 Siklus dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin dengan jumlah 20 siswa. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal 82% aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥ 70 dan secara klasikal 80%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 30 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 39 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal siklus I memperoleh persentase 65% dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI