DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA pada Materi Daur Air dan Peristiwa Alam Menggunakan Model Think Pair and Share kombinasi Guide Inquiry dan Word Square pada Kelas VB SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin.
PENGARANG:LILI RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Rahmawati, Lili. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA pada Materi Daur Air dan Peristiwa Alam Menggunakan Model Think Pair and Share kombinasi Guide Inquiry dan Word Square pada Kelas VB SDN Kuin  Cerucuk 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing. Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Daur Air dan Peristiwa Alam, Think Pair and Share, Guide Inquiry, Word Square.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan siswa kurang menunjukkan partisipasi aktif memahami materi, siswa tidak terbiasa bekerja sama, bersikap ilmiah dan berpikir kritis siswa rendah sehingga pembelajaran kurang bermakna, Dengan demikian, pembelajaran akan diperbaiki melalui penelitian tindakan kelas menggunakan  model Think Pair and Share kombinasi Guide Inquiry dan Word Square. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur airdan peristiwa alam menggunakan kombinasi model tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin dengan jumlah 24 siswa. Instrumen data yang digunakan melalui butir pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan  deskriptif kualitatif disajikan dalam bentuk table dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru terlaksana kriteria sangat baik (skor 38-44), aktivitas siswa secara individu mencapai kriteria sangat aktif (skor ≥26) dan secara klasikal termasuk kriteria sangat aktif (≥82%), serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan individual dengan nilai ≥70 dan ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 4 terlaksana dengan kriteria sangat baik (43). Peningkatan aktivitas siswa pertemuan 4 memperoleh kriteria sangat aktif (96%). Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4 dengan KKM ≥ 70.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa  sangat aktif dan hasil beajar meningkat dan mencapai ketuntasan individu maupun klasikal menggunakan model Think Pair and Share kombinasi Guide Inquiry dan Word Square pada materi daur air dan peristiwa alam. Hasil penelitian ini dapat disarankan  sebagai salah satu alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk muatan IPA materi Daur Air dan Peristiwa Alam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI