DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN KERTAK HANYAR 1 -3 KAB BANJAR
PENGARANG:LIZA MONICA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK 

 

Monica,liza 2019. ” Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dikombinasikan Dengan Children Learning In Science ( CLIS ) dan Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Kertak Hanyar I -3 Kabupaten Banjar Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ali Rachman, M.Pd. 

Kata-kata kunci: Aktivitas Belajar,lnkuri Terbimbing Dikombinasikan Dengan Children Learning In Science ( CLIS ) dan Snowball Throwing. 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa daam menyelesaikan permasalahan, siswa kurang melibatkan diri secara aktif pada saat pembelajaran siswa sangat jarang mengemukakan pendapat dan kurang nya dalam mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari . sehingga proses pembelajaran berlangsung kurang bermakna bagi siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah IV SDN Kertak Hanyar 1-3 Kabupaten Banjarmasin pelajaran IPA. Kondisi ini terjadi atas dasar penyebab cara belajar yang digunakan kutang variatif dan kurang menarik minat siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan gum dan observasi dokmnen, data yang diperoleh yaitu pada tahun ajar 2017/2018 terdapat 29 siswa (60%) dinyatakan memperoleh nilai dibawah ketuntansan, yaitu 70. Sehingga ini menajdi permasalahan yang haru diselesaikan . Salah satu upaayaa untuk mengatasi permasalahan yaitu melalui kombinasi pendekatan pendidikan IPA inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan CLIS dan snowball throwing. Tujuan dari peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa sebagai bentuk hasil belajar. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan tindakan kelas (PTK) , yang dilaksanakan sebanyak 4 siklus. Penelelitian dilaksanakan pada kelas IV SDN 1 - 3 Kertakhanyar tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPA materi pengaruh gaya terhadap gerak, dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa . Jenis data penelitian ini data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari teknik pengukuram berupa tes tertulis serca individu . Data dianalisis menghunakan teknik deskrptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik berikut interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I sampai dengan siklis IV memiliki kenainkan dari baik menjadi sangat baik . Aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus IV memiliki katagore dari kurang aktif menjadi sangat aktif. Ketuntasan klasikla pada siklus I berada pada angka 45% , siklus II 62% , siklus III 82% dan siklus IV 100% . Bedasarkan hasil penelitian ini , disimoulkan bahwa model inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan childer learning in science (CLIS) dan snowball throwing diterapkan pada tema pengaruh gaya pada gerak, maka hasil belajar muatan IPA pada kelas IV SDN 1 - 3 Kertak Hanyar meningkat dan disarankan kepada guri dapat mengelola model pembelajaran IPA dengan terampil untuk meningkatkan aktivitas guru , aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI