DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MENYIMAK PERKATAAN ORANG LAIN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD BERKAT MULIA KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:ALIA ELSYAHADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Elsyahada, Alia. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dalam Menyimak Perkataan Orang Lain Menggunakan Metode Bercerita Kombinasi Model Picture and Picture dan Talking Stick pada Anak Kelompok A PAUD Berkat Mulia Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata kunci : Bahasa dalam Menyimak Perkataan Orang Lain, Metode Bercerita,  Model Picture and Picture dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan  bahasa anak. Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan bahasa sehingga anak belum mampu menyimak apa yang disampaikan guru, anak kesulitan memahami materi yang diberikan guru dan anak belum mampu mengutarakan pendapat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bahasa anak yaitu dengan menggunakan metode bercerita kombinasi model Picture and Picture dan Talking Stick pada anak kelompok A PAUD Berkat Mulia Kecamatan Banjarmasin Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil pengembangan bahasa anak dalam menyimak perkataan orang lain.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A PAUD Berkat Mulia  Kecamatan Banjarmasin Timur dengan jumlah 17 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 10 orang anak  laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil pengembangan bahasa anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik, aktivitas anak memenuhi kriteria hampir seluruhnya aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan aspek bahasa melalui metode bercerita kombinasi model Picture and Picture dan Talking Stick mengalami peningkatan dalam empat kali pertemuan mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria hampir seluruhnya aktif dan (3) hasil pengembangan aspek bahasa anak disetiap pertemuannya mengalami peningkatan  pada pertemuan terakhir dengan kategori berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan bahasa anak dalam menyimak perkataan orang lain menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan metode bercerita kombinasi model Picture and Picture dan Talking Stick, karena dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya dalam menyimak perkataan orang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI