DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI),PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI DAMIT HULU
PENGARANG:MUHAMMAD FATHUR RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Fathur, Muhammad Rahman. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema

Benda-Benda Disekitar Kita Menggunakan Model Team-Assisted 

Individualization (TAI), dikombinasikan Picture And Picture, Media

Pembelajaran Tiga Dimensidikelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu.

Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu

Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung

Mangkurat.

Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci:Benda-Benda Disekitar Kita Model Team-Assisted Individualization

(TAI), dikombinasikan Picture And Picture, Media Pembelajaran Tiga

Dimensi dan Hasil Beajar Siswa.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa,

yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan

cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa

kelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas

belajar siswa yaitu melalui kombinasi Model Team-Assisted Individualization

(TAI),Picture And Picture, danMedia Pembelajaran Tiga Dimensi. Penelitian ini

bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta

hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian

Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek

penelitian adalah siswa kelas V semester genap UPTD SD Negeri Damit Hulu

tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 20 siswa. Data diperoleh dari observasi

aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan

klasikal yang diharapkan ≥80%, dan KKM ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 38

kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 90% kriteria

aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal

90% pada pertemuan IV.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada

tema Benda-Benda Disekitar Kita muatan IPA menggunakan kombinasi Model

Team-Assisted Individualization (TAI), Picture And Picture, dan Media

Pembelajaran Tiga Dimensipada siswa kelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu

meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru

dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai

salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk

meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran

menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI