DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI),PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI DAMIT HULU | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD FATHUR RAHMAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-05 |
ABSTRAK
Fathur, Muhammad Rahman. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema
Benda-Benda Disekitar Kita Menggunakan Model Team-Assisted
Individualization (TAI), dikombinasikan Picture And Picture, Media
Pembelajaran Tiga Dimensidikelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung
Mangkurat.
Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci:Benda-Benda Disekitar Kita Model Team-Assisted Individualization
(TAI), dikombinasikan Picture And Picture, Media Pembelajaran Tiga
Dimensi dan Hasil Beajar Siswa.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa,
yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan
cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa
kelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas
belajar siswa yaitu melalui kombinasi Model Team-Assisted Individualization
(TAI),Picture And Picture, danMedia Pembelajaran Tiga Dimensi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta
hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas,yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V semester genap UPTD SD Negeri Damit Hulu
tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 20 siswa. Data diperoleh dari observasi
aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan
klasikal yang diharapkan ≥80%, dan KKM ≥70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 38
kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 90% kriteria
aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal
90% pada pertemuan IV.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada
tema Benda-Benda Disekitar Kita muatan IPA menggunakan kombinasi Model
Team-Assisted Individualization (TAI), Picture And Picture, dan Media
Pembelajaran Tiga Dimensipada siswa kelas V UPTD SD Negeri Damit Hulu
meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru
dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai
salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran
menjadi lebih optimal.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI