DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 SUNGGUH KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:IRWAN APRILIYANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Kata Kunci:Aktivitas Belajar Siswa, Model Group Investigation, Numbered Heads Together, Word Square

Rendahnya aktivitas dan pemahaman siswa yang berdampak pada hasil belajar disebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together danWord Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianPenelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3kali pertemuan dengan jumlah siswa 14 orang dalam kelas tersebut yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru mencapai skor 26-32kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥80% siswa berada pada kategori aktif dansangat aktif, serta hasil belajar siswamencapai ketuntasan klasikal ≥80%dari jumlah seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥70.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1mencapai kriteria baik, pada pertemuan 2 dan 3mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1mencapai kriteria Cukup aktif, pertemuan 2dan 3mencapai kriteria sangat aktif. pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 58,3%, afektif 58,3%, dan psikomotorik 50%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajarpada aspekkognitif mencapai 83,3%, afektif 83,3%, dan pisikomotorik 75%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 91,7%, afektif 83,3%, dan psikomotorik 83,3%.Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together danWord Squaremenunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI