DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI PARING 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RISFI RIDHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


                                                     ABSTRAK

Ridhana, Risfi. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dikombinasikan dengan Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Paring 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. DosenPembimbing: Drs. Sutiyarso, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Materi Keliling dan Luas Bangun Datar, Problem Based Learning (PBL), Visual, Auditory, Kinestethic (VAK)dan Course Review Horay (CRH).    

Permasalahan dalam penelitian ialah kurangnya partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, tidak menggunakan model pembelajaran dan media pendukung, serta siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran matematikasehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Maka, inovasi pembelajaran menggunakan modelProblem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Visual, Auditory, Kinestethic (VAK)dan Course Review Horay (CRH) perlu diadakan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Sungai Paring 2 Kabupaten Banjar.

Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Paring 2 tahun pelajaran 2018/2019.  Teknik analisis data menggunakan data aktivitas guru dan siswa, serta data hasil belajar siswa. Penelitian dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai skor ≥34 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai persentase 82% dengan kriteria “Sangat Aktif”, serta hasil belajar mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) dan Course Review Horay (CRH) materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Sungai Paring 2, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diharapkan guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI