DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL (MEMILIKI PRILAKU YANG MENCERMINKAN KEMANDIRIAN) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL TALKING STICK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN BUNDA KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RISMA FAZDLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Fazdliana, Risma. 2019. Mengembangkan Aspek Sosial Emosional (memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian) Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture, Model Talking Stick dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Sosial Emosional dalam memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian, Model Picture and picture, model talking stick dan metode Pemberian Tugas.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum optimalnya perkembangan sosial emosional anak dalam memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian. Hal ini terjadi karena anakbelum mengerti sikap mandiri untuk dapat mengikuti pembelajaran tanpa di damping orang tuanya. Sehingga sebagian anak tidak memiliki kemampuan sosial emosional dalam memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak dalam memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian yaitu dengan menggunakan kombinasi Model Picture And Picture, Model Talking Stick Dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar dengan jumlah anak sebanyak 14 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan dan lembar kerja anak dalam pengembangan sosial emosional anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan sosial emosional melalui Mode Picture and Picture, Model Talking Stick dan Metode Pemberian Tugas dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik (2) aktivitas anak mendapat kriteria aktif (3) hasil perkembangan aspek sosial emosional anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ««« dan «««« atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam  memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Model Talking Stick dan Metode Pemberian Tugaskarena dapat mengembangkan sosial emosional anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI