DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dalam Program Pelaksanaan Regional Traffic Management Centre.
PENGARANG:N URHALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Nurhalimah, D1B115225, 2019. Kinerja Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dalam Program Pelaksanaan Regional Traffic Management Centre. Dibawah bimbingan H. Apriansyah  selaku pembimbing I dan Suriansyah Umar selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana kinerja Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Dit Lantas Polda Kalsel) dalam pelaksanaan program Regional Traffic Management Centre dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Dit Lantas Polda Kalsel dalam pelaksanaan program Regional Traffic Management Centre.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Dit Lantas Polda Kalsel dalam pelaksanaan Program RTMC sudah optimal dilihat dari beberapa indikator berikut ini, indikator kinerja efektivitas, dapat dikatakan kinerja Dit Lantas Polda Kalsel dalam Pelaksanaan Program Regional Traffic Management Centre telah berjalan efektif. Kinerja Dit Lantas Polda Kasel pada indikator manfaat dirasa cukup baik. Kinerja Dit Lantas pada indikator dampak, yang dihasilkan yakni dampak positif. Kinerja Dit Lantas Polda Kalsel yang dihasilkan tidak terlepas dari faktor yang telah mempengaruhinya yakni, antara lain sebagai berikut : dukungan anggaran pada Dit Lantas Polda Kalsel masih belum seluruhnya mendukung, keterbatasan jumlah personel, CCTV yang sering off dan sinyal wifi yang tiba-tiba mati dan Hanphone inventaris RTMC memorinya sering penuh serta Traffic Announcer yang masih tidak dapat digunakan dengan maksimal dan kurangnya kesadaran dan kerjasama masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi kepentingan bersama.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang ditunjukan Kepada Dit Lantas Polda Kalsel perlunya peningkatan sarana dan prasarana dalam menunjang program RTMC terutama mengenai traffic announcer yang mana diharapkan bisa menekan pelanggaran lalu lintas di persimpangan atau lampu merah. Dit Lantas Polda Kalsel harus lebih menggiatkan dan membangun kesadaran dan kerjasama masyarakat dalam hal pentingnya tertib berlalu lintas.

 

 

Kata kunci : Kinerja, Regional Traffic Management Centre (RTMC), POLDA Kalsel

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI