DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Kampanye Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Tanah Laut pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018
PENGARANG:MELLYNDA RIANA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


ABSTRAK

Mellynda Riana Wati D1B115061, 2019, Strategi Kampanye Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Tanah Laut pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018. Di bawah bimbingan Bapak Mahyuni, Pembimbing I dan Ibu Ellisa Vikalista, Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye yang dilakukan oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten Tanah Laut pada pemilihan kepala daerah tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan informan dalam penelitian ini adalah Bupati terpilih kabupaten Tanah Laut, Ketua Tim Pemenangan Partai PKS dan masyarakat kabupaten Tanah Laut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan analisis penelitian kualitatif dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah strategi kampanye yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten Tanah Laut yang dibagi ke dalam beberapa indikator teori marketing politik.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye yang dilakukan oleh pasangan Sukamta dan Abdi Rahman bersama dengan tim pemenangan dan relawan berjalan dengan baik dan efektif hal tersebut terbukti dengan terpilihnya pasangan Sukamta dan Abdi Rahman pada pemilihan kepala daerah tahun 2018. Keterpilihan pasangan ini sangat menarik mengingat bahwa lawan politik mereka merupakan Bupati petahana yang cukup diperhitungkan. Strategi kampanye yang dilakukan oleh Sukamta dan Abdi Rahman berfokus pada strategi push marketing yang berdasar pada data survei oleh Media Survei Nasional (Median) dimana mereka menargetkan para pemilih emosional yang cukup dominan di kabupaten Tanah Laut. Pasangan Sukamta dan Abdi Rahman juga menggunakan strategi pull marketing  yang ditujukan kepada para pemilih rasional yang akan betul-betul menilai kinerja, visi, misi serta program yang mereka pasarkan kemudian mereka juga menggunakan strategi pass marketing dengan alasan bahwa masyarakat kabupaten Tanah Laut dinilai masih paternialistik dan strategi tersebut dinilai sangat cocok dengan kriteria masyarakat kabupaten Tanah Laut.

Kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih kabupaten Tanah Laut diharapkan, agar tetap terus menjaga komunikasinya dengan masyarakat dan lakukan yang menjadi program dan harapan masyarakat. Perlu diadakannya pendidikan politik dalam rangka mencerdaskan masyarakat mengenai politik yang akan membawa dampak baik kedepannya dalam pemilihan umum dan dapat mengurangi kecurangan-kecurangan yang sering terjadi pada masa kampanye. 

 

Kata Kunci: Strategi kampanye, Pilkada Tanah Laut, Tahun 2018. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI