DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, NUMBERED HEAD TOGETHER AND COURSE REVIEW HORRAY PADA SISWA KELAS VB SDN BERANGAS TIMUR 1 BARITO KUALA
PENGARANG:AMELIA IRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-05


Amelia Irawati. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Picture And Picture, Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas VB SDN Berangas Timur 1”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Sekolah Dasar, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Tema Lingkungan Sahabat Kita, Picture And Picture, Numbered Head Together, Course Review Horay.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aktivitas belajar siswa VB pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PPkn. Hal ini disebabkan siswa kurang diarahkan untuk berpikir secara kritis dalam menanggapi dan menyampaikan pendapatnya, kurangnya partisipasi aktif siswa dan kurangnya tanggung jawab terhadap tugasnya dan juga kurang adanya interaksi antar siswadalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil aktivitas belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PPknmenggunakan kombinasi model pembelajaran Picture And Picture, Numbered Head Together, dan Course Review Horay.

Setting penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VB SDN Berangas Timur 1, menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil aktivitas belajar siswa.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria Sangat Baik dengan skor 31, aktivitas siswa pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria Sangat Aktif dengan persentase 96%, dan hasil aktivitas belajar anak secara keseluruhan pada pertemuan terakhir meningkat hingga mendapatkan keterangan Tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan kombinasi model Picture And Picture, Numbered Head Together, dan Course Review Horay pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PPkn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siswa kelas VB SDN Berangas Timur 1. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan aktivitas belajar khususnya pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PPkn sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI